Pages

Subscribe:

Tuesday, January 1, 2013

Kaitan Seputar Diabetes dan Kehamilan

hubungan antara diabetes dan kehamilan

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot- otot dan jaringan lain untuk memasok energi.

Diabetes memiliki kaitan yang cukup erat dengan kehamilan. Pada kehamilan yang disertai diabetes dapat menyebabkan keguguran, kematian janin di dalam kandungan, atau janin terlalu besar atau terlalu kecil. Karena itu, wanita penderita diabetes yang hamil perlu dikontrol ahli penyakit dalam dan ahli kandungan, agar proses kelahiran anaknya dapat berlangsung dengan normal.

Kehamilan penderita diabetes tipe I yang tergantung insulin pun dapat berlangsung dengan baik di bawah pengawasan dokter. Karena itu, bila Anda ingin hamil tapi merasa khawatir karena adanya mitos bahwa penderita diabetes sebaiknya jangan hamil, konsultasilah dengan dokter Anda. Oleh karena itulah pemeriksaan fisik yang meliputi pemeriksaan umum yang menilai keadaan umum (sehat, tampak sakit, atau pucat), pengukuran tekanan darah, nadi pernapasan, suhu, dan kulit (pigmentasi, striae perut, sekitar puting susu) sangat diperlukan untuk bisa waspada dang mengatasi serta mengetahui lebih awal.

Diabetes Karena Kehamilan 


Diabetes karena kehamilan, seperti namanya ini hanya terjadi ketika masa hamil saja. Sekitar 95 persen tidak mengalaminya lagi ketika saat setelah melahirkan, namun perlu diwaspadai akan kemungkinan mengalami diabetes yang sesungguhnya di kemudian hari.

Penderita diabetes ketika hamil hanya mengalami gejala yang ringan dan tidak membahayakan bagi si ibu, tapi dapat menimbulkan masalah pada bayinya, terutama dalam bentuk hipoglikemia dan sindrom masalah pernapasan. Ibu hamil yang menderita diabetes lebih rentan terkena toksemia (keadaan menyebarnya racun dalam aliran darah) yang dapat membahayakan jiwa ibu dan anak. Kebanyakan kasus dapat ditangani dengan diet dan olahraga, meskipun ada juga yang sampai membutuhkan insulin. Oleh karena itu diabetes dapat menyebabkan gangguan komplikasi yang amat perlu untuk diperhatikan.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment