Pages

Subscribe:

Saturday, December 22, 2012

Waspadalah! Diabetes Bisa Menyerang Siapa Saja

wapadai penyakit diabetes

Diabetes patut diwaspadai karena bisa menyerang siapa saja, yang paling utama adalah karena gaya hidup pada saat ini yang makin modern bisa membuat kita lupa dan terlena akan hidup layaknya masyarakat perkotaan. Tak hanya diri kita sendiri, usia juga tak menentukan karena anak kita yang masih muda pun bisa menjadi salah satu korban dari penyakit diabetes karena penyebab diabetes ini sendiri kerap kali kita lakukan sebagai kebiasaan.

Dasarnya diabetes hanya dikelompokan menjadi dua kelompok, yakni Diabetes Tipe I yang terjadi sejak kecil karena cacat sejak lahir dan Diabetes Tipe II yang berkembang setelah dewasa sebagai akibat dari gaya hidup yang salah. Namun sebagian besar penderita diabetes adalah tipe II. Oleh karena itu desas - desus seputar penyakit diabetes bercirikan untuk tipe II saja.

Si penderita umumnya tak pernah menyadari bahwa dirinya sedang dalam bahaya besar karena gejalanya yang dianggap sebagai hal yang biasa saja. Gejala umumnya berupa rasa haus yang tidak wajar, sering buang air kecil dan penurunan berat badan yang tidak jelas usulnya. Kadang nafsu makan si penderita tetap wajar bahkan bisa saja merasa sering lapar. Pengendalian diabetes adalah dengan mengupayakan agar kadar gula darah menjadi normal sekitar 60-10 mg/dl(miligram per 100 mililiter). Dan yang ideal ukurannya adalah 80-109 ml/dl pada waktu puasa sebelum test darah dan 110-159 pada dua jam setelah makan. Tidak hanya itu pengontrolan kadar lemak juga perlu, yakni kolestrol total tidak boleh lebih dari 200 mg/dl dengan LDL kurang dari 130 mg/dl, dan HDL di atas 45 mg/dl, dan trigliserida di bawah 200 mg/dl. Intinya adalah dengan pengaturan makanan (diet), olah raga, dan menghindari stres.

Mengenal Pengetahuan Seputar Diabetes 


Diabetes adalah suatu penyakit, di mana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energi. Sedangkan pada penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tak mampu menggunakan insulin secara efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh. Sebagian glukosa yang tertahan di dalam darah itu melimpah ke sistem urine untuk dibuang melalui urine. Oleh karena itu gejala ini sering disebut juga dengan gejala kencing manis.

Gangguan insulin tersebut juga berakibat berlebihnya kadar lemak di pembuluh darah arteri, sehingga komplikasi diabetes terctat sebagai penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal. Kadar gula yang menumpuk dalam pembuluh darah akan membuat darah menjadi kental dan alirannya melambat, sehingga mengakibatkan gangguan pada pasokan oksigen yang dibawah oleh darah.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment