Pages

Subscribe:

Saturday, December 22, 2012

5 Konsumsi Penyebab Diabetes

Makanan Penyebab Diabetes

Penyakit diabetes yang sudah kita kenal dan sangat lumrah di kalangan masyarakat itu tentu memiliki sebab musabab. Dari beberapa sebab yang melatarbelakangi adanya penyakit itu, salah satu sebab diabetes itu diakibatkan dari makanan. Adapun makanan yang menjadi penyebab utama penyakit membahayakan ini akan diungkapkan secara lengkap oleh Perpustakaan Kesehatan seperti di bawah ini.

1. Teh Manis 


Asupan gula yang tinggi di dalam Teh Manis sudah jelas membuat kadar gula darah dalam tubuh kita melonjak tinggi hingga terkadang tak terkontrol. Belum lagi adanya kelebihan kalori yang semakin mendukung tubuh kita terkena resiko diabetes. Efek buruk dari Teh Manis itu bisa kita bayangkan dengan menghitung kandungan kalori dalam segelas teh manis, bayangkan buruknya jika segelas teh yang kita minum saja mengandung 250-300 kalori. Belum lagi kalori yang akan kita dapat dari tiga kali makan nasi beserta lauk pauk.

2. Gorengan. 


Makanan yang berbentuk kecil ini terkadang membuat kita merasa tidak cukup jika memakannya hanya satu saja. Pada kenyataannya, gorengan merupakan salah satu faktor beresiko tinggi dan memicu penyakit degeneratif seperti kardiovaskular, diabetes, serta stroke. Mengapa demikian? Sebabnya adalah penyumbatan pembuluh darah koroner yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam darah karena berbagai makanan rendah serat dan tinggi lemak.

3. Pil Kontrasepsi. 


Mengkonsumsi kebanyakan pil kontrasepsi terkadang menyebabkan perubahan kadar gula darah karena terbuat dari kombinasi hormone estrogen dan progestin. Pil kontrasepsi bisa merubah kadar gula darah dalam tubuh lantaran cara kerjanya berlawanan dengan kerja insulin. Karena kerja insulin dilawan, pankreas dipaksa bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin. Jika terlalu lama dibiarkan, maka pankreas menjadi letih dan tidak berfungsi dengan baik.

4. Soda 


Penelitian The Nurses Study II terhadap 51.603 menyatakan bahwa wanita berusia 22-44 tahun yang mengalami peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes akan melambung tinggi. Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda terlalu tinggi. Selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak.

 5. Camilan 


Kebanyakan orang mengira bahwa dengan membatasi makan siang atau malam maka hal itu bisa menghindarkan kita dari bahaya obesitas dan diabetes. Karena belum kenyang, maka perut terus diisi dengan sepotong atau dua potong camilan seperti biskuit dan keripik kentang. Padahal, biskuit, keripik kentang, dan kue-kue manis sejenisnya mengandung zat arang tinggi tanpa kandungan pangan yang memadai. Sementara itu, gula dan tepung di dalam camilan tersebut memiliki peranan besar dalam menaikkan kadar gula dalam darah.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment