Pages

Subscribe:

Friday, January 4, 2013

Jenis Kanker Yang Sering Diderita Remaja

penyakit kanker pada remaja

Kanker merupakan penyakit yang tidak biasa dihubungkan pada remaja. Tapi remaja bisa mendapatkan beberapa jenis kanker juga. Penyakit tertentu seperti kanker payudara memang biasanya mempengaruhi wanita dewasa. Gadis remaja tidak mungkin untuk mendapatkan bentuk kanker seperti itu. Tetapi beberapa jenis yang lebih mungkin terjadi pada remaja. Kanker testis misalnya, cenderung mempengaruhi orang-orang yang lebih muda dari pada pria yang lebih tua.

Jenis-jenis kanker yang didapatkan oleh para remaja memiliki satu kesamaan menurut Perpustakaan Kesehatan yakni: Sel tumbuh dengan cara yang tidak terkendali. Sel adalah komponen dasar atau “blok bangunan” dari tubuh manusia. Kanker terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang dan tumbuh dalam cara yang tidak terkendali. Salah satunya adalah Limfoma jenis kanker yang remaja bisa dapatkan.

Tanda, Gejala, Serta Pengobatan Bagi Penderita Limfoma


limfoma adalah kanker yang kerap menyerang remaja

Limfoma mengacu pada kanker yang berkembang dalam sistem limfatik yang meliputi kelenjar getah bening, timus, limpa, kelenjar gondok, amandel, dan sumsum tulang. Fungsi sistem getah bening dalam tubuh adalah melawan kuman yang bisa menyebabkan infeksi dan penyakit. Sebagian besar remaja dengan limfoma memiliki limfoma Hodgkin dengan baik atau limfoma non-Hodgkin.

Penyakit Hodgkin biasanya terjadi pada remaja dan dewasa muda. Hal ini dapat muncul pada kelenjar getah bening di leher, ketiak, dada, atau tempat-tempat lainnya. Kelenjar getah bening membesar tapi biasanya tidak menyakitkan. Penyakit Hodgkin diidentifikasi oleh besarnya sel-sel yang tidak biasa dan disebut Reed-Stemberg sel yang terdeteksi di bawah mikroskop setelah biopsi, prosedur dimana dokter menghilangkan smapel jaringan kecil untuk diperiksa pada sel-sel kanker. Kemoterapi dan radiasi sering digunakan untuk mengobati penyakit Hodgkin.

Limfoma non-Hodgkin (NHL) mirip dengan leukemia (ALL) karena keduanya sangat melibatkan limfosit yang ganas pada sel darah putih yang ditemukan pada kelenjar getah bening, dan karena banyak dari gejala-gejala penyakit ini adalah sam. NHL biasanya dapat diobati dengan kemoterapi. Remaja dengan limfoma Hodgkin atau NHL yang telah menyelesaikan pengobatan mereka memiliki peluang yang amat bagus dalam proses penyembuhan.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment