Pages

Subscribe:

Friday, January 4, 2013

Apa itu Masa Tertundanya Pubertas?

perkembangan seks remaja

Perkembangan seks pada manusia berbeda dengan binatang dan bersifat kompleks. Pada manusia seksual berkaitan dengan biologis, fisiologis, psikologis, sosial dan norma yang berlaku. Oleh karena itu pentingnya mengetahui perkembangan seks pada remaja adalah amat penting.

Perkembangan seks pada remaja di awali dengan adanya masa pubertas. Lebih tepatnya pubertas adalah waktu tubuhnya tumbuh dari anak menuju orang dewasa. Jika Anda seorang gadis, Anda akan melihat bahwa payudara Anda membesar dan tumbuh rambut di kemaluan, serta mendapatkan haid (menstruasi). Bentuk pinggul akan melebar dan tubuhnya akan menjadi melengkung.

Jika Anda seorang pria, akan tumbuh rambut di kemaluan dan wajah serta testikel dan penis akan menjadi lebih besar. Perubahan ini disebabkan oleh hormon seks (testosteron pada pria dan estrogen pada anak perempuan). Kadang-kadang, meskipun telah melewati rentan usia normal untuk pubertas tanpa menunjukkan tanda-tanda perubahan tubuh. Ini disebut pubertas yang tertunda.

Bagaimana Berurusan Dengan Pubertas Yang Tertunda? 


tertundanya pubertas pada remaja

Tertundanya pubertas bisa menjadi hal yang sulit bagi siapa saja untuk menerima dan menangani. Hal ini dapat benar- benar menjadi sulit jika melihat teman Anda tumbuh dan berkembang ketika hal yang sama tidak terjadi pada Anda. Anda mungkin merasa seperti tidak akan pernah mengejar ketinggalan. Orang-orang di sekolah dapat bercanda tentang ukuran yang kecil atau dada yang datar yang dimiliki Anda.

Bahkan ketika dokter atau orang tua Anda meyakinkan bahwa hal tersebut akan baik-baik saja pada akhirnya. Namun anda akan merasa benar-benar sulit untuk menunggu sesuatu yang dapat mempengaruhi bagaimana Anda merasa tentang diri Anda sendiri. Seorang konselor atau terapis dapat membantu Anda memilah-milah perasaan Anda dan menyarankan cara-cara untuk mengatasi masalah dengan tertundanya pubertas. Karena masalah tertundanya sebuah pubertas ini bisa dirasakan amat sulit bagi siapa saja bahkan untuk menerima keadaan dan cara menanganinya, tapi itu masalah yang biasanya akan dipecahkan. 

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment