Pages

Subscribe:

Monday, February 18, 2013

Makanan yang Kaya Akan Vitamin A

Makanan yang Kaya Akan Vitamin A


Vitamin A diakui sangat berperan penting dalam tubuh. Adapun beberapa gejala kekurangan vitamin A (Defisiensi). Vitamin A berperan penting dalam pemeliharaan sel kornea pada mata, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pembentukan tulan dan gigi, pembentukan dan pengaturan hormon, serta dapat melindungi tubuh dari ancaman bahaya kanker. Selain itu, Vitamin A banyak kita dapatkan lewat sayur-sayuran seperti, wortel, ubi, labu kuning, bayam, dan tomat. Untuk kandungan dari buah pun juga bermacam-macam seperti buah papaya. Dan untuk makanan adalah, susu, keju, mentega dan telur. Kurangnya vitamin A maka akan menyebabkan penurunan fungsi pada kornea mata hingga mengalami kebutaan, perubahan bentuk tulang, memperlambat pertumbuhan, kerusakan pada gigi, dan terhentinya pertumbuhan sel-sel pembentuk gigi.

Sumber Makanan Penghasil Vitamin A


Seperti yang telah dirangkum oleh Perpustakaan Kesehatan, kami akan menyajikan beberapa macam makan yang menghasilkan sumber vitamin A antara lain :


  1. Sereal : Untuk mengkonsumsi sereal, bisa anda dapatkan melalui jagung kuning dan gandum. 
  2. Umbi-umbian : Umbi-umbian mengandung banyak vitamin A yang terletak pada ubi kuning, ubi kuni kukus, ubi jalar merah, dan ubi rambat merah. 
  3. Biji-bijian : Kacang-kacangan seperti kacang ercis dan kacang merah, mengandung sumber vitamin A yang alami. 
  4. Sayuran : Sayuran yang banyak mengandung vitamin A adalah bakung, bayam, bayam keripik goreng, bunkil daunt alas, bayam merah, daun genjer dan banyak lagi hingga rumput laut, sawi, semanggi, terong hintalo dan wortel. 
  5. Buah : Untuk membutuhkan vitamin A yang berasal dari buah-buahan, cukup dengan mengkonsumsi apel, buah negeri, kesemek, mangga, pepaya, pisang, sowa serta sukun. 6. Hewani : Sumber vitamin A pada hewani banyak kita temui pada daging ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, dsb.


Itulah beberapa macam makanan yang dapat kita peroleh untuk memenuhi kebutuhan vitamin A anda. Dan banyak lagi makanan yang mengandung vitamin A.

Perpustakaan Kesehataan

0 comments:

Post a Comment