Pages

Subscribe:

Monday, February 18, 2013

Khasiat Vitamin A Bagi Tubuh

Khasiat Vitamin A Bagi Tubuh


Vitamin A sangat berpengaruh penting dalam tubuh kita. Fungsi vitamin A disini yakni salah satunya menjaga kesehatan mata. Vitamin A diakui sangat berperan penting dalam tubuh kita terutama pada pembentukan indra penglihatan. Vitamin ini akan banyak membantu merubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima oleh retina mata untuk menjadi suatu proyeksi gambar di dalam otak kita. Selain itu, adapun beberapa fungsi vitamin A pada tubuh kita antara lain :


  1. Mencegah terjadinya kanker. Vitamin A dapat memberikan banyak bantuan kepada sel untuk bereproduksi secara normal. Biasanya, apabila salah satu sel tidak berjalan secara normal, bisa memicu adanya pra-kanker. 
  2. Diperlukan untuk ibu hamil. Vitamin A sangat baik bagi ibu hamil, karena banyak membantu pertumbuhan dan perkembangan embrio dan janin. Selain itu, vitamin A juga akan mempengaruhi gen untuk perkembangan organnya. 
  3. Mencegah infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A sangat berpengaruh penting bagi tubuh ketika melindungi tubuh dari inveksi atas organisme asing seperti bakteri patogen. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi dalam tubuh. Tak heran jika tubuh menjadi lebih resisten terutama pada senyawa toksin maupun serangan dari mikroorganisme parasit.


Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin A


Adapun beberapa tanda-tanda yang diketahui secara umum oleh Perpustakaan Kesehatan ketika seorang bayi lahir dengan berat rendah, terjadi karena kekurangan vitamin A. Selain lahir dengan berat rendah, maka bayi tersebut akan terancam nyawanya jika asupan vitamin A memang sangat kurang didapatkan selama berada di dalam kandungan. Hal ini yang harus diperhatikan oleh kaum ibu-ibu terutama yang sedang mengandung untuk tetap menjaga asupan vitamin agar bayi lahir sesuai harapan seperti yang anda inginkan.

Penyakit lain yang diderita seperti penyakit paru-paru autoimun dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Penyakit paru-paru ini diakibatkan karena kurangnya asupan vitamin A, sehingga bakteri dapat dengan mudahnya menyerang paru-paru. Terutama pada orang dewasa yang aktif dalam merokok. Tidak hanya pada orang dewasa, bisa saja hal ini terjadi pada bayi yang kekurangan vitamin A karena akan memberi pengaruh lebih besar pada sel T pada tubuh. Sel T inilah yang berperan sebagai imunitas tubuh.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment