Pages

Subscribe:

Sunday, December 23, 2012

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker Payudara

Penyakit Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan salah satu penyakit ganas yang sudah terkenal namanya. Hampir semua oang tentu pernah mendengar apa itu kanker payudara. Secara lebih lanjut kini Perpustakaan Kesehatan akan menuturkan definisinya pada pembaca sekalian. Kanker payudara merupakan kanker yang ada dan berkembang pada jaringan payudara. Kanker payudara adalah penyakit yang paling umum diderita oleh para wanita, walau terkadang ada juga lelaki yang mengidap salah satu penyakit mematikan ini. Adapun perbandingan lelaki dengan wanita terhadap infeksi kanker payudara ialah sebesar 1:1000.

Pengobatan atas penyakit ini umumnya ditempuh dengan jalan pembedahan atau jika sudah stadium tinggi, dilakukan kemoterapi maupun radiasi kepada si penderita. Pembedahan atau yang dalam istilah medisnya lebih disebut dengan istilah mastektomi merupakan cara pengobatan kanker jenis ini dengan cara pengangkatan payudara yang dilakukan dengan jalan operasi. Selain itu, ada juga pengobatan dengan jalan radiasi dimana si penderita akan melakukan proses penyinaran menggunakan sinar X dan sinar Gamma di bagian yang terkena kanker. Selain itu ada pengobatan kemoterapi yang tidak lain adalah sitematika pengobatan dengan memberikan obat-obat anti kanker pada si penderita.. yang terakhir adalah metode pengobatan lintasan metabolisme dimana pemberian senyawa penghambat resorpsi tulang yang dilakukan oleh sel kanker.

Beberapa Fase Kanker Payudara 


Kanker payudara tidak serta merta langsung menjadi kanker yang ganas dan mematikan, namun penyakit ini memiliki fase dimana sel kankernya masih tidak terlalu ganas hingga beranjak pada fase berikutnya yang lebih membahayakan. Adapun fase pertama dari penyakit ini ialah fase inisiasi. Fase Inisiasi ini adalah kondisi perubahan dalam bahan genetik sel yang memancingnya menjadi ganas. Fase selanjutnya ialah fase promosi.

Dalam Fase Promosi ini, suatu sel yang sudah mengalami iniasisi akan berubah menjadi lebih ganas, jika sebuah sel belum mengalami fase inisiasi, maka fase promosi takkan dialaminya. Dari fase promosi diatas, fase selanjutnya ialah Fase Metastasis dimana sel terinfeksi yang sudah melewati fase promosi akan menuju ke tulang yang nantinya akan disertai dengan komplikasi lain. Dalam tulang yang mereka hinggapi nantilah si sel kanker akan membuat ruang pada matriks tulang yang didalamnya terdapat kalsium dan kristal Hydroxyappatite.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment