Pages

Subscribe:

Saturday, December 22, 2012

5 Aktivitas Pemicu Diabetes

Aktivitas Penyebab Diabetes

Diabetes Militus yang kerap dikenal dengan istilah kencing manis ini diambil dari bahasa Yunani yang secara harfiah diabetes berarti terus mengalir, maksudnya adalah air dalam tubuh yang terus mengalir keluar alias sering buang air kecil. Sedangkan Militus berarti madu atau manis. Jadi Diabetes Militus dapat dikonotasikan dengan air urine yang rasanya manis semanis madu.

Diabetes adalah suatu sindrom kekacauan metabolisme tubuh yang disebabkan karena unsur keturunan maupun lingkungan. Diabetes merupakan penyakit kronis yang paling banyak ditemukan di era ini. Pada tahun 2000 saja, menurut penelitian yang dilakukan oleh WHO mengatakan bahwa kira-kira 2,1% penduduk dunia menderita diabetes. Dan penduduk Indonesia yang menderita Diabetes menduduki peringkat keempat dengan jumlah penderita sebanyak 8,4 juta penduduk setelah India, China, dan Amerika Serikat. Berikut ini Perpustakaan Kesehatan akan memberitahukan 5 aktivitas penyebab Diabetes

1. Kurang Tidur 


Ternyata kualitas tidur juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh! Hal itu diperkuat dengan riset yang dilakukan oleh para ahli dari University of Chicago. Para ahli mengungkapkan jika tubuh kurang tidur selama tiga hari berturut-turut dapat membuat kemampuan tubuh dalam memproses glukosa jadi menurun drastis, jadi itu artinya resiko terserang Diabetes akan meningkat.

 2. Malas Beraktifitas Fisik 


WHO mengatakan bahwa jumlah penderita Diabetes di negara-negara di Asia akan naik hingga 90% dalam kurun waktu 20 tahun ke depan. Penyebabnya adalah mayoritas penduduk Asia lebih memilih naik motor ketimbang bersepeda. WHO menyimpulkan bahwa mereka yang sedikit melakukan aktifitas fisik mempunya resiko obesitas yang lebih tinggi dibanding mereka yang banyak melakukan aktivitas fisik misalnya bersepeda, berjalan kaki atau aktivitas lainnya.

 3. Sering Stres 


Jika kita sering merasa stress maka tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol. Tubuh kita sudah dirancang demikian rupa dengan tujuan yang baik. Namun, jika kadar gula terus menerus dipicu naik gara-gara stress yang berkepanjangan tanpa jalan keluar itu sama saja bunuh diri secara perlahan.

4. Kecanduan Rokok Dan Takut Kulit Menjadi Hitam


Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita membuktikan bahwa resiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Selain itu, Jurnal Perpustakaan Kesehatan menyatakan bahwa wanita dengan asupan vitamin D dan kalsium tinggi berisiko paling rendah terkena diabetes tipe 2. Ternyata selain dari makanan, sumber vitamin D terbaik didapat dari paparan sinar matahari di pagi hari. Dengan membiasakan 20 menit terkena paparan sinar matahari dapat membuat kita tidak rentan terkena diabetes. jadi disarankan agar kita tidak terlalu takut akan hitam agar kulit kita bisa menjadi tameng bagi kekebalan tubuh pada penyakit diabetes ini sendiri.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment