Pages

Subscribe:

Saturday, December 22, 2012

Mengenal Lebih Jauh Tentang Hepatitis

Hati Si Penderita Hepatitis

Hepatitis mungkin adalah salah satu dari sekian banyak nama penyakit yang sudah seringkali terdengar oleh telingan kita. Maka dari itu, kali ini Perpustakaan Kesehatan berniat untuk membahas lebih jauh tentang apakah hepatitis itu. Hepatitis merupakan peradangan hati yang disebabkan oleh adanya racun (toxin) seperti obat atau agen pemicu infeksi. Jika berbicara tentang penyakit, pasti ada penyebabnya. Penyebab dari penyakit hepatitis ini sendiri ialah virus khusus hepatitis atau karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning, serta infeksi sitomegalovirus. Sedangkan penyebab penyakit ini di luar virus lebih dikarenakan alkohol dan obat-obatan.

Hepatitis sama halnya dengan diabetes yang juga memiliki tipe. Adapun tipe dari penyakit ini diantaranya: Virus hepatitis A, Virus hepatitis B, Virus hepatitis C, Virus hepatitis D, Virus hepatitis E, dan Virus hepatitis G. sedangkan Virus-virus lain yang dapat menyebabkan hepatitis, antara lain: Virus Mumps, Virus Rubella, Virus Cytomegalovirus, Virus Epstein-Barr, dan Virus Herpes.

Hepatitis, Penyakit Tak Bergejala Yang Mematikan 


Jika berbicara tentang tingkat kebahayaan penyakit yang satu ini, bisa disimpulkan bahwa Hepatitis adalah suatu penyakit yang menular dan membahayakan si penderita. Lebih bahayanya lagi, penyakit ini tak menimbulkan gejala aneh pada si penderita hingga penderitanya tak mengetahui bahwa ia sudah terjangkit, gejala baru terlihat pada tingkat penyakit yang sudah tinggi hingga sulit disembuhkan dan berujung pada kematian.

Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) Rino A. Gani menyatakan pada Perpustakaan Kesehatan bahwa gejala spesifik dari penyakit hepatitis baru muncul setelah penyakit itu parah, kurang lebih 10 tahun mendatang dari saat pertama penyakit itu ada. Gejala awal dari penyakit ini-pun tidak bisa secara langsung dikorelasikan pada hepatitis hingga si penderita sulit membedakannya. Gejala awal yang berupa mual, lemas, lesu, dan mudah lelah itu kerap kali dipandang oleh kebanyakan orang sebagai penyakit ringan lantaran kelelahan saja, namun tanpa mereka sadari, bahaya hepatitis sebenarnya sedang mengintai.

Rino melanjutkan bahwa hanya dengan donor darah dan check-uplah semua misteri dari gejala itu bisa terpecahkan. Dalam jangka pendek, tentu hepatitis dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup si penderita. Sedangkan dalam jangka panjang, hepatitis dapat menyebabkan pengerasan atau penyusutan hati hingga tak dapat berfungsi lagi atau yang dikenal dengan nama sirosis hati.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment