Pages

Subscribe:

Monday, December 31, 2012

Bahaya Dehidrasi Saat Hamil

dehidrasi pada ibu hamil

Kehamilan merupakan masa paling rentannya para wanita, karena pada saat itu wanita dituntut untuk ekstra hati-hati jika tak ingin terjadi apa-apa bagi dirinya dan sang buah hati. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya bahwa morning sickness atau mual dan muntah pada wanita yang sedang hamil muda adalah hal yang wajar, namun itu menjadi tidak wajar jika wanita mengalami morning sickness parah.

Kehamilan memang merupakan sebuah anugrah dan juga sebuah momok yang mengelayuti pikiran mayoritas kaum hawa di dunia ini. saat wanita mengalami morning sickness parah, maka hal itu menyebabkan dehidrasi dan kekurangan gizi. Dan itu merupakan sebuah pertanda buruk bagi kesehatan anda dan bayi anda, bisa-bisa bayi anda akan terlahir prematur.

3 Resiko Dehidrasi Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 


Ada beberapa resiko yang ditimbulkan jika sang ibu hamil mengalami dehidrasi selama kehamilannya. Perpustakaan Kesehatan akan membeberkan tiga resiko kesehatan akibat dehidrasi selama masa kehamilan:

  1. Kelahiran Prematur
    Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 81.000 wanita yang menyatakan jika rasa mual dan muntah diawal kehamilan mereka berakibat dehidrasi berat. Hal itu jelas saja mengganggu masa kehamilan mereka dan menurut survey yang diperoleh Perpustakaan Kesehatan menyatakan bahwa lebih dari 23 persen wanita yang mengalami kelahiran prematur, yakni kelahiran yang terjadi kurang dari 34 minggu masa kehamilan. Alasannya, dehidrasi adalah salah satu faktor terjadinya gizi buruk dimana badan mengalami penurunan berat badan saat masa kehamilan.
  2. Gangguan Psikologis Anak
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang terlahir dari ibu yang mengalami dehidrasi saat hamil 3,5 kali lebih mungkin mengembangkan masalah prilaku maupun emosional. Seperti merasa cemas yang berlebih, depresi atau gangguan bipolar saat dewasa nanti. Hal itu jauh dibanding dengan anak dari ibu yang bisa mampu mengendalikan kondisi kesehatannya pada masa kehamilan.
  3. Gangguan Otak
    Seorang wanita hamil di India mengalami gangguan otak akibat muntah-muntah selama tiga bulan yang mengakibatkan dehidrasi dan berat badan menurun. Menurut sebuah laporan menyatakan bahwa wanita tersebut mengalami penglihatan dan ia juga mempunyai masalah keseimbangan saat berjalan. Setelah menjalani serangkaian tes scan, dokter menyimpulkan bahwa wanita itu mengalami perubahan pada otak secara konsisten. 
Untuk mengantisipasi masalah kesehatan ini, wanita hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika dalam keadaan normal, tubuh manusia membutuhkan 8-9 gelas perhari. Namun bagi seorang wanita yang sedang hamil dianjurkan minum 10 gelas perhari, sedangkan untuk ibu menyusui disarankan untuk minum 3 liter atau 12,5 gelas perhari.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment