Pages

Subscribe:

Monday, December 24, 2012

Penyebab Dasar Penyakit Diare

penyakit diare

Diare adalah penyakit dimana si penderita mengalami buang air besar yang berlebihan jumlahnya atau berkali-kali. Dalam kehidupan sehari-hari, penyakit diare juga biasa disebut dengan istilah mencret. Penyebab diare yang paling umum adalah virus dan bakteri. Diare sangat gampang menyerang anak-anak dan balita lantaran aktivitas mereka kebanyakan dilakukan di daerah yang kurang bersih hingga sangat rentan dengan virus ini. Area yang tidak lain bisa dicontohkan pada lantai, tanah, dan kurangnya atensi orang tua pada kebersihan anak mereka membuat tangan si anak kotor dan dapat menjadi pintu masuk virus serta bakteri diare.

Maka dari itu, untuk menghindari penyakit yang satu ini, kebersihan alat makanan, makanan, dan bagian tubuh yang mengalami kontak langsung pada bahan makanan atau minuman agar tetap steril karena makanan yang sudah terkontaminasi dengan kuman pasti bisa menjadi salah satu penyebab diare.

Faktor-Faktor Penyebab Diare 


Penyebab diare juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah faktor infeksi yang dikarenakan adanya infeksi pada saluran pencernaan maupun di luar alat pencernaan. Faktor infeksi sendiri bisa digolongkan menjadi dua, yaitu faktor infeksi enternal yang bersumber pada infeksi pada alat pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit serta faktor infeksi parental yang bersumber pada infeksi di luar alat pencernaan makanan.

Faktor kedua adalah faktor melabsorsi yang disebabkan oleh karbohidrat disakarida. Selanjutnya ada faktor makanan, makanan yang sudah basi, beracun, atau yang dapat memicu alergi penderita juga dapat menyebabkan diare. Yang terakhir ada faktor psikologis yang dikarenakan perubahan gaya hidup, pola makan, penyakit usus inflamasi (berkurangnya kemampuan penyerapan nutrisi pada makanan akibat peradangan usus) dan penyakit celiac (berkurangnya sel kekebalan tubuh dalam usus).

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment