Pages

Subscribe:

Monday, December 24, 2012

Waspadalah Akan Bahaya Diare!

waspadai diare

Diare bisa menyerang siapa saja, tak menganal usia, jenis kelamin, dan status sosial. Hanya saja yang paling umum bisa terkena diare adalah anak-anak dan balita. Penyakit yang satu ini bisa terjadi dikarenakan infeksi saluran pemcernaan yang berasal dari bakteri yang ada di makanan kotor serta bisa juga karena tak membersihkan tangan setelah buang air. Maka dari itu diajurkan jika kita ingin mencegah bahaya diare, langkah mudahnya adalah dengan mencuci tangan sebelum makan serta setelah buang air. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang menyepelekannya. Padahal, jika diare sudah menyerang tubuh kita, maka tubuh bisa kehilangan banyak cairan yang berujung pada kematian.

Dr. Herbowo Soetomenggolo Sp.A yang ditemui oleh Perpustakaan Kesehatan di Pacific Place, Jakarta mengatakan bahwa semua hal penyebab diare kembali pada diri kita masing-masing untuk menerapkan kebersihan, utamanya di organ tangan kita yang memang merupakan pintu masuknya kuman ke dalam tubuh, dan peran tangan juga sangat vital lantaran 90% penyebab diare adalah dikarenakan virus dan bakteri. Pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa risiko diare bisa diturunkan hingga 47% jika kita mencuci tangan. Maka dari itu, periksa dan jaga kebersihan tangan anda dari sekarang! Terutama jika anda memiliki buah hati lantaran merekalah yang paling rentan terhadap virus diare.

Gejala Diare Yang Patut Kita Waspadai 


Agar kita lebih mudah tahu dan melakukan antisipasi saat ada sanak famili kita mengalami diare, terlebih dahulu kita harus mengerti dulu gejala diare itu. Adapun gejala yang timbul karena penyakit ini adalah buang air besar berupa cairan dan muntah-muntah.

Jika anda secara tiba-tiba buang air besar berkali-kali dan feses yang keluar sangat encer serta berupa cairan, maka itu adalah gejala utamanya. Dalam kasus penyakit yang sudah parah, feses-pun bisa keluar darah. Selain itu, tubuh terasa lemas lantaran banyak cairan yang hilang. Selain itu, gejala lain yang timbul adalah muntah. Keluarnya feses berupa cairan yang disertai dengan mual, kehilangan nafsu makan dan muntah-muntah, akan disertai demam yang menandakan bahwa anda sudah positif terjangkit virus diare.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment