Pages

Subscribe:

Sunday, January 13, 2013

Olahraga Yang Ideal Untuk Penderita Diabetes

Olahraga Yang Ideal Untuk Penderita Diabetes


Diabetes adalah penyakit yang paling populer dikalangan masyarakat yang disebabkan oleh makanan. Penyakit ini sukar dikendalikan jika pola makan kurang sehat terus dilakukan bahkan bisa menjadi penyakit turun menurun. Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah karena hormone insulin tidak ada atau ada tapi tidak mampu mengubah glukosa dalam darah ke dalam sel. Sehingga dalam darah terjadi penumpukan glukosa. Gejala diabetes yang sering ditemui adalah keinginan untuk minum secara terus-menerus, menurunnya berat badan. Dan volume buang air kecil yang lebih sering.

Salah satu cara meningkatkan efisiensi insulin maka dianjurkan untuk olahraga. Karena salah satu bagian pola hidup sehat dan bugar adalah olahraga yang dilakukan secara konsisten. Sehingga olahraga menjadi salah satu cara terapi kesehatan bagi penderita diabetes. Hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga sebaiknya memakai sepatu yang nyaman. Karena hal ini untuk melindungi kaki anda dari benda tajam yang dapat membuat kaki terluka. Kadar glukosa darah yang tinggi pada penderita penyakit diabetes dapat membuat berkumpulnya virus dan bakteri yang mengakibatkan luka susah untuk disembuhkan bahkan kerap terjadi pilihan untuk diamputasi dalam kasus seperti ini

Jenis Olah Raga Yang Ideal Untuk Penderita Diabetes 


Jenis olahraga ideal untuk penderita diabetes versi Perpustakaan Kesehatan, antara lain :

1. Senam aerobik
2. Berjalan
3. Berenang
4. Bersepeda

Akan lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Karena kondisi masing-masing penderita diabetes tidaklah sama.Olah raga dapat meningkatkan metabolisme sel untuk menyerap dan menyimpan glukosa darah. Sehingga tidak menimbulkan penumpukan glukosa dalam darah. Sirkulasi darah akan menjadi lancar selain itu olahraga akan mengurangi strees yang menjadi pemicu meningkatnya glukosa dalam darah.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment