Pages

Subscribe:

Saturday, December 29, 2012

7 Makanan Dan Minuman Yang Tidak Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

makanan dan minuman yang merupakan pantangan bagi ibu hamil

Kehamilan adalah suatu masa yang amat diimpikan oleh setiap wanita diseluruh dunia karena dengan menjadi seorang ibu, hidup seorang wanita serasa telah sempurna. Namun disisi lain kehamilan merupakan masa yang sulit bagi wanita untuk menjalankan rutinitas hariannya, terutama aktivitas berat dan tidak boleh makan makanan yang sembarangan agar bayi yang dikandung menjadi sehat.

Kehamilan memang menyusahkan jika seorang wanita masih belum siap mental, namun tidak halnya dengan wanita yang sudah siap hamil lahir batin. Para ibu hamil harus memiliki pengetahuan seputar kehamilan agar tidak terjadi sesuatu yang sama sekali tidak diinginkan, salah satunya adalah makanan dan minuman. Berikut adalah keyujuh makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi ibu hamil.

7 Makanan Yang Dilarang Versi Perpustakaan Kesehatan


  1. Daging Setengah Matang
    Daging steak maupun daging unggas jika dimasak setengah matang mempunyai resiko yang tinggi terkontaminasi bakteri seperti coliform, toksoplasmosis dan salmonella. Selain daging, hati ternak juga tidak baik jika dikonsumsi saat hamil. Maka dari itu kita harus memasak daging-daging tersebut hingga benar-benar matang agar bakteri yang terkandung dalam makanan itu ikut mati saat daging dimasak sampai matang. 
  2. Produk Susu Yang Tidak Dipasteurisasi
    Selama masa kehamilan dihimbau untuk menjauhi semua produk susu yang tidak dipasteurisasi. Karena produk tersebut mengandung bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Selain itu, para bumil juga dilarang untuk memakan keju karena keju mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran.
  3. Telur Mentah Atau Setengah Matang
    Seorang wanita hamil memang memerlukan protein dari telur, akan tetapi seorang wanita hamil harus menghindari memakan telur yang dimasak setengah matang. Karena telur mentah maupun yang setengah matang mengandung bakteri yang membahayakan bagi tubuh. Selain itu, para bumil juga harus menghindari makanan yang ada saus mayonesnya karena saus tersebut berasal dari telur yang masih mentah. 
  4. Kafein
    Mengkonsumsi kafein saat hamil telah menjadi perdebatan tentang baik tidaknya jika seorang wanita hamil mengkonsumsinya. Beberapa peneliti menyatakan bahwa kafein tidak baik bagi kesehatan bumil bahkan dapat mengakibatkan keguguran. Disisi lain mengatakan bahwa seorang wanita hamil sah-sah saja mengkonsumsi kafein. Karena masih rancu, untuk lebih aman kita pilih saja jus segar atau air mineral.
  5. Alkohol
    Sudah jelas anda harus menghindar dari minuman yang satu ini karena dapat membahayakan kesehatan janin anda bahkan bapat menyebabkan keguguran.
  6. Jenis Ikan Tertentu Karena Kandungan Merkuri Yang Tinggi
    Bagi bumil hindari mengkonsumsi ikan kembung, king mackerel dan jenis ikan lainnya yang mempunyai kandungan merkuri yang tinggi. Dampak yang disebabkan oleh ikan bermerkuri tinggi adalah kerusakan otak.
  7. Sayuran Yang Tidak Dicuci
    Sayuran sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan janin, namun jika kalian memakannya tanpa dicuci terlebih dahulu justru dapat membahayakan kehamilan anda. 
 Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment