Pages

Subscribe:

Friday, December 28, 2012

Hubungan Antara Penularan Penyakit Mad Cow Dan Manusia

bahaya penyakit mad cow pada sapi

Pengertian penyakit Mad Cow yang sudah kita ketahui sebelumnya disimpulkan sebagai salah satu penyakit berbahaya yang menyerang sapi. Penularannya bisa melalui proses keturunan ataupun dari pangan dari satu sapi ke sapi lainnya. Namun setelah kita pikir secara lebih mendalam, akan timbul pertanyaan apakah bahaya penyakit Mad Cow ini pada manusia? Ternyata jawabannya adalah YA! Penyakit sapi gila ini bisa tertular pada manusia lewat pengkonsumsian daging sapi yang terinfeksi penyakit ini, selain memakan daging dari sapi ini, penyakit Mad Cow bisa tertular jika manusia yang bersangkutan melakukan kontak dengan sapi yang terjangkit penyakit ini.

Pada manusia, penyakit Mad Cow ini menyerang jaringan saraf otak manusia dalam bentuk varian Creutzfeldt Jakob Disease (CJD) dan bersfat degeneratif. Dampaknya pada tubuh, manusia yang terinfeksi penyakit ini akan kehilangan kekuatannya, pertumbuhan badannya juga akan berhenti. Selain itu, penyakit ini cepat atau lambat dapat merambat ke otak hingga akhirnya otak manusia itu tak akan lagi utuh. Sama halnya dengan gejala pada sapi, otak manusia yang terinfeksi bisa berubah seperti spons atau busa kursi yang memiliki rongga atau bertekstur bolong-bolong dan pada akhirnya sudah pasti tak akan tertolong nyawanya.

Malangnya, sampai saat ini, penyakit Mad Cow masih belum ada vaksinnya dan menurut data yang ditemukan oleh Perpustakaan Kesehatan dari WHO, penyakit ini sukses membunuh sebanyak 129 orang. Solusi apapun diketahui juga tak bisa menahan bakteri dan penyakit ini mati. Jika pada kasus bakteri E.Coli kita bisa membunuh virus itu dengan memasak bahan makanan dengan suhu tinggi, namun virus Mad Cow takkan seperti itu. Dalam virus ini, terdapat struktur protein bernama prion yang sangat tahan terhadap segala macam tingkat keasaman (pH), pendinginan, dan pemanasan yang tinggi. Virusnya baru inaktif jika dipanaskan dalam suhu 134-138 derajat Celcius selama 18 menit, namun dalam rentang waktu itu, virus masih inaktif, bukan mati!

Lamanya Inkubasi Pada Penderita Penyakit Mad Cow 


Jika sudah positif terjangkit penyakit mematikan ini, tentu ada proses inkubasi atau pemindahan dan pemetaan si penderita dengan komunitas yang masih sehat. Adapun proses inkubasi pada sapi berlangsung antara 3-8 tahu, sedangkan pada manusia, masa inkubasinya masih belum diketahui. Namun diperkirakan selama 5-20 tahun hingga tak ada lagi gejala yang bisa dilihat mata atau secara yang kasat mata.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment