Pages

Subscribe:

Tuesday, December 25, 2012

7 Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

organ jantung manusia

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital dan penting karena kerja jantung adalah memompa darah keseluruh bagian tubuh. Jika Jantung berhenti berdetak, maka manusia akan mati hal itu karena darah yang seharusnya terus mengalir supaya menyalurkan sari-sari makanan telah berhenti mengalir.

Jantung berdetak antara 70-80 kali permenit. Sedangkan pada bayi, jantung berdetak lebih cepat yakni sekitar 100 kali permenit. Detak jantung dapat dirasakan hingga di tubuh bagian luar, lebih tepatnya di bagian dada dan urat nadi. Jika di dunia kedokteran ada sebuah alat yang dapat mendeteksi kerja jantung yang disebut EKG.

7 Tips Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat 


tips menjaga jantung agar tetap sehat

Cara pertama adala Stop merokok! Bagi anda yang merupakan seorang perokok aktif, mulai sekarang anda nampaknya harus hentikan kegiatan yang tak menyehatkan itu karena penting bagi anda untuk tahu jika seorang perokok aktif memiliki peluang yang besar untuk mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang bukan perokok.

Cara kedua yakni kurangi konsumsi garam berlebih lantaran jika terlalu banyak mengkonsumsi garam tidak baik bagi tubuh kita karena dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi bahkan dapat menyebabkan serangan jantung koroner.

Cara ketiga yaitu dengan olahraga teratur! Sejak dahulu, olahraga merupakan usaha terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh kita khususnya jantung. Misalkan saja dengan berjalan atau berlari minimal setengah jam perhari.

Cara keempat adalah dengan membuat pikiran menjadi relaks. Cobalah untuk tidak begitu memusingkan pikiran anda sebab hal itu dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Luangkan waktu anda untuk bersantai sejenak dengan menonton tv yang berisi komedi agar anda dapat tertawa lepas. Hal itu bertujuan untuk menenangkan pikiran anda.

Cara selanjutnya adalah berlibur ke tempat-tempat yang indah dan menyenangkan. Selain menyegarkan pikiran anda, dengan bertamasya juga memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

Cara keenam mengharuskan anda untuk stop dari minuman beralkohol jika anda mendambakan jantung yang sehat. selain merupakan minuman yang dilarang agama, minuman ini mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan anda terutama jantung, karena minuman beralkohol dapat merusak otot jantung anda.

Selain beberapa cara di atas, cara terakhir adalah dengan makan buah dan sayur segar yang memiliki kandungan vitamin tinggi, seperti bayam, alpukat dan kacang-kacangan serta kurangi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment