Pages

Subscribe:

Tuesday, December 25, 2012

Ciri Awal Kehamilan Pada Wanita

ciri-ciri awal kehamilan pada wanita

Kehamilan merupakan salah satu saat yang paling ditunggu oleh kebanyakan pasangan di muka bumi ini, terlebih lagi pada sepasang pengantin baru yang sedang menantikan anak pertama mereka. Namun terkadang, pasangan muda yang baru saja menikah kurang mengerti dan sulit mengetahui ciari awal kehamilan pada pasangannya, padahal pengetahuan ayng satu ini sanget penting untuk diketahui utamanya untuk sang ibu agar bisa memberitahu dan mengajak sang ayah untuk mempersiapkan segala kebutuhan si jabang bayi.

Jika memang anda, para pasangan muda yang sempat kebingungan dalam hal menentukan tanda awal kehamilan, disini Perpustakaan Kesehatan telah memaparkan beberapa cirinya agar bisa membantu kebingungan anda tersebut.

Tanda Awal Kehamilan Pada Wanita 


Merasa mual adalah ciri pertama yang sudah lumayan umum diketahui, terlebih adegan mual ini memang sering ditampilkan dalam sinetron atau film televisi sebagai tanda awal seorang wanita yang sedang hamil. Mual-mual memang merupakan ciri yang sangat mudah dikenali di awal kehamilan. Hal ini terjadi karena tubuh masih belum bisa menerima kehadiran sang bayi yang dianggapnya sebagai benda asing.

Ciri kedua adalah tidak mengalami menstruasi. Tidak menstruasi juga merupakan ciri awal kehamilan karea sel telur telah dibuahi oleh sperma sehingga tak mengalami siklus menstruasi lagi selama kehamilan. Selanjutnya adalah mudah lelah. Gejala seperti ini biasanya timbul pada 3 bulan pertama kehamilan dimana jumlah hormon progesteron meningkat ketika seorang wanita sedang hamil. Berikutnya adalah nyeri yang dirasakan pada payudara dimana ukuran payudara-pun ikut membesar daripada biasanya, rasa tak nyaman ketika menggunakan bra, serta ukuran puting yang juga makin membesar dan berwarna hitam kecoklatan. Hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormon serta kesiapan tubuh untuk menyambut kehadiran sang jabang bayi.

Ciri dasar kehamilan lain yang mungkin sudah banyak diketahui adalah ngidam. Tak jarang ibu hamil tiba-tiba ingin memakan sesuatu yang aneh, biasanya adalah makanan yang rasanya masam. Selain menginginkan sesuatu secara mendadak, wanita hamil biasanya juga memiliki mood yang cenderung berubah-ubah. Kadangkala merasa cemas, senang, gelisah, dsb. Lagi-lagi gejala seperti ini disebabkan oleh perubahan hormon. Ciri terakhir yakni sering buang air kecil yang diakibatkan oleh proses adaptasi ukuran rahim yang membesar seiring dengan kehadiran sang bayi dan mendesak kandung kemih yang berakhir pada rasa ingin si ibu untuk selalu buang air kecil.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment