Pages

Subscribe:

Wednesday, December 26, 2012

Diet Bagi Si Penderita Diabetes


Diet adalah awal dari usaha untuk mengendalikan diabetes. Program diet yang dianjurkan adalah mengikuti diet rendah gula seumur hidup, sesuai dengan anjuran dokter atau ahli gizi. Dalam diet diabetes yang perlu diketahui adalah diet ini harus dapat memenuhi kebutuhan gula tubuh, tetapi tidak boleh berlebihan. Kunci diet diabetes adalah memilih karbohidrat yang aman. Semua karbohidrat halus (misalnya gula tepung halus, roti manis, biskuit, permen, sirop dan minuman ringan) harus dihindari dan diganti dengan makanan lengkap (yaitu buah, sayuran, kacang, biji, dan makanan lainnya yang belum diproses) yang efektif untuk memperbaiki resistensi insulin.

Sekali lagi, takaran karbohidrat yang menjadi sumber gula tubuh perlu diperhatikan, untuk menunjang kebutuhan energi yang separohnya diperoleh dari zat gula ini. Maka dengan kita memperhatikan itu, diet diabetes yang kita lakukan akan memperoleh hasil yang maksimal nantinya.

Mengetahui Pola Diet Diabetes 


Pola diet yang tepat untuk mengendalikan dan bahkan untuk mencegah agar tidak terkena diabetes adalah yang bertujuan menjaga agar berat badan tidak menjadi berlebihan. Adapun tips-tips yang disarankan oleh Perpustakaan Kesehatan mengenai pola diet ini antara lain:

  • Pangkaslah Kalorinya
    “Bagi banyak orang, begitu mereka memangkas asupan kalori makanannya, mereka langsung merasakan perubahan yang positif pada kadar gula darahnya” kata Linda M. Delehanty, ahli gizi dan peneliti diet Massachusettes General Hospital, Boston. 
  • Kurangi Lemak
    Makanan yang enak-enak dengan lemak tinggi sudah tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol, yang selain membuat kerja insulin menjadi tidak efisien, juga mempertinggi risiko penyakit jantung.
  • Ucapkan Selamat Tinggal Pada Segala Sesuatu Yang Manis
    Jika anda harus makan makanan yang manis-manis, pastikan bahannya tidak seluruhnya terdiri dari gula pasir atau gula buah yang sederhana. Kombinasikan dengan protein, lemak, dan karbohidrat kompleks yang dapat menolong memperlambat penyerapan gula sederhana tersebut oleh tubuh.
  • Ngemil Diantara Waktu Makan
    Bagi dan ratakanlah makanan anda sepanjang hari sehingga setiap kali makan tidak melampaui batas toleransi kemampuan pankreas untuk mensuplai insulin.
  • Lengkapi Dengan Serat
    Kacang polong, bekatul beras atau gandum, dan makanan-makanan lain yang mengandung banyak serat dapat menolong mengerem glukosa masuk ke dalam aliran darah. Serat tersebut juga akan menurunkan insulin bagi tubuh. 
Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment