Pages

Subscribe:

Sunday, December 30, 2012

Mengenal Gizi Yang Diperlukan Ibu Hamil

pemenuhan gizi pada ibu hamil

Pemenuhan gizi seimbang sangat erat kaitannya dengan ibu hamil karena pemenuhan gizi seimbang bagi ibu hamil sangat penting untuk perkembangan dan pertumbahan janin serta kesehatan ibu semasa hamil. Maka sepatutnyalah seorang ibu hamil beserta keluarga yang lain memperhatikan betul asupan makanannya.

Perpustakaan Kesehatan akan menjelaskan mengenai gizi apa saja yang harus terpenuhi oleh ibu hamil, yaitu seperti kalori yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jabang bayi. Untuk gizi yang kedua yaitu protein yang juga sering disebut sebagai zat pembangun yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Gizi yang sangat penting lainnya adalah zat besi, dimana zat besi ini dapat mengurangi terjadinya anemia. Selain itu juga gizi ibu hamil lainnya yaitu asam folat, kalsium, vitamin C, vitamin A, vitamin B Compleks dan masih banyak yang lainnya.

Dengan demikian seorang ibu hamil harus benar-benar memperhatikan kebutuhan gizinya karena ibu hamil yang kurang memenuhi pemenuhan gizi seimbang akan dihantui risiko keguguran, kematian janin dalam kandungan, lahir prematur dan lain sebagainya.

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil 


Seorang ibu hamil memang sangat membutuhkan asupan nutrisi tambahan untuk perkembangan janin dalam kandungannya. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi berbagai macam buah. Hal ini dikarenakan buah-buahan mempunyai kandungan serat, vitamin dan mineral yang cukup tinggi sehingga baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan si jabang bayi.

Untuk mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi buah-buahan, seorang ibu hamil terlebih dahulu harus mengetahui khasiat dari masing-masing buah. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti tomat, pepaya, mangga, delima, semangka, belewa, kiwi dan jeruk manis. Hal ini dikarenakan vitamin C sangat baik untuk pembentukan imun bayi. Selain itu buah yang mempunyai banyak khasiat adalah pisang. Pisang mengandung banyak kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang si janin. Buah pisang juga gampang dicerna, mengandung gula alami yang baik sehingga dapat diserap oleh tubuh dan ini dapat memberikan energi tambahan bagi ibu hamil saat beraktifitas. Namun sebelum mengkonsumsi buah-buahan tersebut, seorang ibu hamil beserta keluarga harus berhati-hati memilih buah yang akan dikonsumsi karena akhir-akhir ini banyak sekali pedagang nakal yang menggunakan gula sintetis untuk buah yang mereka tanam.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment