Pages

Subscribe:

Wednesday, December 26, 2012

Penentuan Sex Pada Kehamilan Serta Pertumbuhannya

penentuan gender pada kehamilan

Kehamilan dapat menentukan sifat kelamin anak pada waktu fertilisasi dan bukan oleh sel telur, melainkan oleh sel mani. Sel-sel pria maupun wanita mempunyai 46 buah kromosom yakni, 22 pasang kromosom biasa dan sepasang sex kromosom.

Perbedaan antara sel pria dan sel wanita terletak pada sex kromsomnya yang terdiri dari :

  • Sel pria mempunyai sepasang sex kromosom yang berlainan jadi 22 pasang kromosom biasa dan sebuah X sex kromosom dan sebuah Y sex kromosom. 
  • Sel wanita mempunyai sex kromosom yang sama jadi 22 pasang kromosom biasa dan dua buah X sex kromosom. 

Dalam proses pematangan dari ovum dan spermatozoa terjadilah pembagian reduksi, pembagian sedemikian rupa hingga sel-sel yang baru hanya mempunyai separuh dari jumlah kromosom yang biasa. Dengan demikian sel telur yang matang mempunyai 22 buah kromosom biasa dan sebuah X kromosom. Tetapi sel mani yang matang ada 2 macam ialah: Sel mani dengan 22 buah kromosom biasa dengan sebuah X kromosom, dan sel mani dengan 22 kromosom biasa dengan Y kromosom.

Jika spermatozoa dengan 22 buah kromosom biasa dan sebuah X kromosom membuahi sebuah sel telur maka terjadilah zygote dengan 44 kromosom biasa dan 2 buah X kromosom, nyatalah bahwa zygote ini akan menjadi anak perempuan. Jika spermatozoa dengan 22 buah kromosom biasa dan sebuah Y kromosom membuahi sebuah sel telur, maka terjadilah zygote dengan 44 kromosom biasa, sebuah X kromosom dan sebuah Y kromosom, maka zygote ini akan menjadi anak laki- laki dalam fase kehamilan wanita.

Proses Pertumbuhan Sel Telur Pada Kehamilan


Pertumbuhan sel telur waktu bertemu dengan spermatozoa mungkin beberapa spermatozoa masuk dalam corona radiata, tapi hanya satu di antaranya yang dapat memasuki sel telur. Setelah sel telur kemasukan spermatozoa, terjadilah perubahan – perubahan pada permukaan sel telur hingga tak dapat dimasuki spermatozoa yang lain. Inti sel mani dan inti sel telur bersatu, maka kromosom dari kedua inti bercampur hingga telur sekarang mempunyai 46 kromosom lagi. Selanjutnya masing – masing kromosom membelah diri hingga terjadi 2 pasang dari 46 kromosom. Ovum yang telah dibuahi ini kemudian mengalami proses segmentasi sehingga terjadi blastomer. Kemudian terjadi pembagian sel hingga telur sekarang terdiri dari 2 buah sel. Masing – masing sel ini membagi diri hingga terjadi 4, 8, 16, 32 sel dan seterusnya.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment