Pages

Subscribe:

Saturday, February 23, 2013

Cara Penularan Virus Flu Burung

Cara Penularan Virus Flu Burung


Flu Burung memang sangat terdengar mengerikan setelah menelan banyak korban jiwa. Oleh karena itu, jika kita ketahui tentang mekanisme penularan sebuah penyakit tersebut, tentu kita akan semakin waspada akan penuranan penyakit mematikan tersebut. Dengan mengetahui secara rinci akan penularan pelakit flu burung ini, maka kita akan bisa mengetahui cara untuk menghindarinya dengan cara yang tepat tanpa membuat aksi-aksi yang dinilai sangat berlebihan.

Cara Mengantisipasi Virus Flu Burung


Berikut sesuai apa yang telah diketahui oleh Perpustakaan Kesehatan terkait dengan penularan virus flu burung yang mematikan ini antara lain :


  1. Jangan menyentuh unggas secara langsung tanpa adanya pengaman. Hal ini mengantisipasi anda untuk kontak secara langsung dengan unggas. Dengan hal ini maka penyebaran virus akan semakin cepat menyebar kedalam tubuh ketika kita memang melihat unggas tersebut mati secara mendadak dan dipastikan penyebabnya adalah virus flu burung. Hal yang harus dilakukan setelah itu adalah, segera bakar unggas yang memang sudah terjangkit virus tersebut, dan menguburnya dalam-dalam agar partikelnya yang masih mengandung virus tidak terkena pada orang lain. 
  2. Biasakan lingkungan anda tetap terjaga. Bersih dan selalu mengontrol kondisi kandang unggas anda agar dipastikan jauh dari adanya serangan virus mematikan tersebut. Virus flu burung bisa dipicu lantaran situasi kandang yang memang tidak terawat. Kotoran unggas adalah salah satu faktor utama penularan virus H5N1. 
  3. Penularan flu burung juga bisa kita dapatkan pada pasien yang memang terjangkit virus flu burung. Virus ini dinilai sangat cepat penyebarannya terutama pada kontak sesame orang yang terjangkit dan yang normal. Maka yang normal ini akan terancam terjangkit bibit bakteri atau virus flu burung akibat dari si penderita. 
  4. Jika anda ingin menjadikan ayam atau unggas lainnya sebagai lauk, maka disarankan untuk selalu melihat kondisi fisik dari unggas tersebut, jika anda nilai bahwa unggas tersebut masih segar maka anda harus cuci bersih terlebih dahulu, direbus selama kurang lebih 10 menit dan di masak sempurna agar bakteri dan virus tersebut mati.


Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment