Pages

Subscribe:

Sunday, December 30, 2012

Kegemukan Lebih Ganas Dari Kurang Gizi

obesitas sangat membahayakan jiwa manusia

Obesitas ternyata adalah sesuatu penyakit ganas yang bisa membunuh. Bahkan hampir semua Negara di dunia menganggap bahwa obesitas menjadi masalah yang cukup serius, dan dalam penelitian terbaru edisi khusus The Lancet menyatakan bahwa obesitas dapat menyebabkan kematian 3 kali lipat dibandingkan kekurangan gizi pertahunnya di seluruh dunia.

Fakta telah menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak makan lebih rentan terhadap kesehatan dari pada orang yang kurang makan. Dengan demikian bukan hanya gizi buruk akibat kurang makan yang menjadi masalah serius di suatu Negara, tetapi obesitas akibat kelebihan makan justru menjadi masalah 3 kali lipat lebih serius dari gizi buruk.

Obesitas disebut 3 kali lipat lebih berisiko dari kurang gizi karena jika seseorang mengalami obesitas maka derajat kesehatannya akan semakin menurun bahkan akan memburuk, ini disebabkan oleh adanya penyakit komplikasi yang sering timbul pada orang-orang yang mengalami obesitas, penyakit tersebut seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan yang paling mematikan lagi yaitu kanker. Maka dari itu masalah obesitas bukanlah masalah yang patut disepelekan.

Hingga saat ini obesitas mengalami peningkatan cukup signifikan, yang semula menduduki urutan ke 10 dari faktor risiko naik ke posisi ke 6, sama halnya dengan tekanan darah tinggi yang juga mengalami peningkatan dari urutan ke 4 menjadi urutan pertama sehingga hal tersebut merupakan penyumbang 9 juta kematian setiap tahunnya.

Rematik Lebih Rentan Menyerang Wanita Gemuk 


Orang yang terlihat gemuk bukan berarti orang tersebut sehat dan bebas dari penyakit, justru orang yang mempunyai berat badan berlebih akan lebih rentan dengan berbagai penyakit. Tidak hanya sekali para ahli kesehatan mengingatkan, tetapi telah berkali-kali menyatakan khususnya pada Perpustakaan Kesehatan bahwa kegemukan sangat berisiko terhadap penyakit yang mengancam jiwa seperti Jantung dan Kanker. 

Bukan hanya itu, dalam studi terbaru menyatakan bahwa wanita yang mempunyai berat badan berlebih alias gemuk risiko untuk mengidap penyakit rematik khususnya Rheumatoid Arthritis (RA) yang lebih tinggi. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang lebih sering di alami oleh seorang wanita dibandingkan pria. Rheumatoid Arthritis (RA) adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan persendian kaku serta menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu kenyamanan beraktifitas.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment