Pages

Subscribe:

Friday, January 11, 2013

Pengertian Seputar Autisme



cara menjaga anak autis

Autisme adalah kata yang mengacu pada berbagai gangguan seputar perkembangan anak bahwa beberapa dari mereka ada yang dilahirkan dengan atau bisa berkembang dalam 2 tahun pertama dalam kehidupannya. Kelompok gangguan ini membentuk apa yang disebut dengan dokter spektrum autisme. Seseorang yang kondisinya termasuk dalam spektrum ini memiliki gangguan spektrum autisme (ASD).

Autisme mempengaruhi otak yang membuat mereka berkomunikasi lebih sulit dengan orang lain. Orang – orang pada spektrum autisme sering mengalami kesulitan berbicara dan memahami bahasa sejak dari usia dini. Hal ini dapat sulit bagi mereka untuk bermain suatu permainan dan memahami suatu aturan – aturan ketika mereka sedang dalam usia anak – anak. Ketika mereka menjadi seorang remaja, orang pada spektrum autisme ini mungkin memiliki kesulitan dalam memahami apa pakaian yang cocok untuk dipakai, ataupun bagaimana cara untuk bermain, berolahraga, atau bergaul dan berkomunikasi.

Cara Menjaga Anak-anak Autis 


Berikut ini adalah tips menjaga anak autis versi Perpustakaan Kesehatan :

  1. Sebelum Anda mengasuh, sebaiknya mintalah orang tua mereka untuk mengetahui cara mereka berkomunikasi dengan anak dan bagaimana pola perilaku serta preferensi mereka. Cari tahu bagaimana mereka biasanya menangani masalah. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka lakukan untuk menghibur dan menenangkannya saat ia sedang marah. Juga menanyakan apakah ada hal-hal yang Anda harus hindari dalam melakukan sesuatu. Beberapa anak autisme tidak bereaksi dengan baik jika dipeluk atau dipedulikan oleh bukan anggota keluarganya.
  2. Ketika pengasuhan. Cobalah untuk tetap berpegang pada rutinitas yang biasa anak lakukan (waktu malam, waktu tidur siang, dll) sebanyak mungkin. Beri dia instruksi sederhana satu per satu, dari pada memberinya beberapa hal yang harus dilakukan sekaligus. Tunggu dia untuk menyelesaikan tugasnya atau kegiatannya sebelum memberikan petunjuk lain.
  3. Jangan membawa orang lain. Hindari membawa teman – teman atau anggota keluarga Anda sendiri ke rumah untuk sementara waktu ketika Anda mengaja anak autis tersebut. Jika Anda membawa anak pada sebuah keadaan perjalanan di luar rumah, cobalah untuk mengunjungi suatu tempat – tempat yang hanya ia kenal, seperti taman terdekat atau di tempat lain yang lebih bisa menghiburnya.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment