Pages

Subscribe:

Saturday, January 5, 2013

Mengenal Kandungan Gizi Buah Durian

kandungan gizi pada buah durian

Durian merupakan jenis buah yang didominasi kandungan karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu, zat-zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc dan zat besi juga terkandung di dalamnya. Durian memiliki kalori yang tinggi yaitu sekitar 147 kkal dalam setiap 100 gramnya. Sehingga, membuat banyak kalangan menyukainya dan menyarankan untuk menyantap durian tidak lebih dari 100 gram saja. Durian memiliki glukosa yang cukup bayak jumlahnya. Tetapi buah ini juga memiliki kandungan mangan yang dapat menjaga kadar gula menjadi stabil.

Selain itu, hal yang perlu diwaspadai dari buah yang beraroma khas ini adalah kandungan senyawa alkoholnya. Dianjurkan agar tidak memakan durian bersama makanan yang memiliki kandungan alkohol. Durian juga termasuk kategori makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Sehingga tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak apalagi mereka yang bermasalah dengan gula darah. Bagi mereka yang memiliki penyakit hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi disarankan agar menjauhi buah ini..

Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh Manusia 


Di balik bahaya yang mengancam, sebenarnya jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup, durian juga mengandung banyak khasiatnya bagi tubuh. Buah durian banyak memiliki serat sehinnga sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, buah ini memiliki banyak potassium atau kalsium dan fosfor sehingga baik untuk kesehatan tulang dan persendian.

Buah durian juga banyak mengandung vitamin, salah satunya vitamin C sebagai antioksidan alami, vitamin B9 yang dikandungnya juga bisa mengatasi anemia, vitamin B1 untuk meningkatkan nafsu makan, vitamin B2 untuk mengatasi migren, vitamin B6 untuk mengurangi stres dan depresi. Nah, dengan banyaknya khasiat buah durian ini, maka tidak ada salahnya untuk menyantapnya di “musim durian”, asalkan mengonsumsi buah yang satu ini dalam porsi yang tidak berlebihan.

Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment