Pages

Subscribe:

Saturday, January 5, 2013

Pentingnya Merawat Jantung Sejak Dini

tips merawat jantung

Perawatan Jantung sejak dini merupakan upaya yang baik untuk dilaksanakan setiap orang karena penyakit jantung bukanlah penyakit yang diwariskan oleh genetik. Anda tidak perlu merasa khawatir dan cemas jika salah satu dalam keluarga anda memiliki sejarah yang mempunyai penyakit jantung. Tapi bukan berarti anda bisa merasa tenang tidak akan terancam penyakit jantung.

Penyakit ini dapat diakibatkan oleh gaya hidup yang anda lakukan selama hidup ini, maka penting kiranya bagi kita untuk mengetahui jika perawatan jantung yang paling sederhana yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Para pakar jantung menyebutkan, gejala-gejala sakit jantung sebenarnya bisa tampak dari keluhan di banyak bagian tubuh. "Jantung, bersama dengan pembuluh arteri yang menyokongnya adalah salah satu otot yang besar. Ketika jantung mengalami kegagalan, gejala-gejalanya bisa terlihat di banyak bagian tubuh," kata Jonathan Goldstein, kardiolog dari St. Michael's Medical Center di Newark, New Jersey saat sesi wawancara bersama Perpustakaan Kesehatan.

9 Tips Merawat Jantung


Adapun 9 tips perawatan jantung akan dituturkan lebih lanjut oleh kami di bawah ini.

  1.  Makanlah banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan berserat tinggi yang baik untuk jantung seperti sawo, beras merah, teh hijau dll. 
  2. Sertakan makanan laut dalam daftar menu makanan anda, konsumsilah ikan minimal dua kali seminggu. 
  3. Berwaspadalah dengan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Kurangi konsumsi lemak hewani dan mentega. 
  4. Kurangi pemakaian garam dalam masakan. 
  5. Pilihlah dengan cerdas produk susu rendah lemak atau tidak mengandung lemak. 
  6. Dapatkan Nutrisi dan vitamin dalam asupan makanan harian anda. 
  7. Bila anda tidak berolahraga, berolahragalah mulai saat ini. Berolahraga membantu menjaga jantung tetap sehat, dan membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol agar tetap dalam keadaan normal serta mencegah terjadinya diabetes. Berolahragalah minimal 30 menit dalam sehari, lima hari seminggu sangat baik untuk kesehatan. 
  8. Usahakan latihan gerakan tai chi. Gerakan Tai chi sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung yang berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh Anda dan juga cocok untuk semua umur. 
  9. Untuk anda yang seorang Perokok, Berhentilah merokok! Hal ini merupakan hal yang sangat utama untuk menjaga kesehatan jantung anda. 
 Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment