Pages

Subscribe:

Tuesday, February 12, 2013

Diet Ekstrim Bisa Picu Serangan Jantung

Diet Ekstrim Bisa Picu Serangan Jantung


Diet merupakan salah satu cara demi menurunkan berat badan. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana sebenarnya diet yang sehat itu. Tak heran jika sebagian orang lebih memilih melakukan diet ekstrim agar bisa menurunkan berat badan mereka dengan cepat. Bahkan tak jarang jika seseorang memilih tidak makan seharian agar cepat kurus. Diet yang seperti inilah yang dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan fisik maupun kesehatan mental anda. Padahal diet itu memiliki aturan-aturan tertentu yang berfungsi sebagai pedoman agar diet yang dilakukan tidak berdampak negatif namun justru malah menyehatkan.

Contoh diet ekstrim yang sering dilakukan orang ialah mengasunp kurang dari 1.200 kalori setiap hari. Tanpa kita sadari kondisi ini bisa mengakibatkan berbagai macam permasalahan kesehatan seperti kekurangan nutrisi, menurunnya kemampuan tubuh, gampng lelah dan bahkan meningkatkan nafsu makan. Contoh dari dampak negatif itu ialah seorang pasien serangan jantung Brooke Robertson wanita berumur 23 tahun asal New Zealand akibat diet ekstrimnya tersebut. Ia mengalami serangan jantung secara tiba-tiba akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi demi menekan rasa laparnya.

Akibat Diet Ekstrim


Selain serangan jantung secara tiba-tiba, diet ekstrim juga bisa mengakibatkan beberapa hal buruk, misalnya :


  1. Daya tahan tubuh menurun : Diet yang kurang sehat bisa menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan gizi yang cukup, ini bisa mengakibatkan sel-sel tubuh tidak dapat bekerja secara optimal dan daya tahan tubuh pun menjadi terganggu yang akan berdampak pada tubuh yang mudah terserang penyakit. 
  2. Gangguan mental : Diet yang salah bisa mengaibatkan depresi. Berat badan yang tak kunjung turun membuat frustasi dan rasa putus asa. Depresi juga biasanya disertai dengan kelesuan, kelelahan, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, kurang konsentasi dan kurang percaya diri. 
  3. Anemia : Kekurangan asupan gizi akibat diet dapat memicu anemia. Apalagi pada wanita yang melakukan diet eksrem. Hal ini disebabkan karena wanita lebih membutuhkan asupan gizi lebih banyak karena menstruasi setiap bulannya. 
  4. Bulimia dan anoreksia : Penyakit ini bisa timbul akibat diet yang ekstrim. Bahakn dalam beberapa kasus terakhir bisa mengakibatkan kematian.


Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment