Pages

Subscribe:

Tuesday, January 22, 2013

Kegunaan Tempe Bagi Kesehatan

kandungan gizi pada tempe

Tempe memang tidak terelakkan bagi masyarakat Indonesia menjadi salah satu makanan tradisional yang digemari. Memang beberapa orang masih meragu tentang kualitas tempe, ada beberapa lapisan masyarakat yang tidak mau menjadikan tempe sebagai menu utama dalam sebuah jamuan makan, terlebih apabila dalam jamuan makan tersebut ada tamu istimewanya. Namun yang perlu anda ketahui adalah kebanyakan orang luar negeri malah mengidolakan tempe sebagai salah satu makanan favorit mereka karena kandungan gizi yang ada di dalamnya memang lumayan tinggi.

Tempe memiliki kandungan gizi yang tinggi, terutama dalam hal protein karena bahan dasar pembuatannya adalah kacang kedelai. Kandungan karbohidrat, protein, dan lemak sehat ini juga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Kelebihan lain tempe adalah baik dikonsumsi oleh segala usia dan jenis kelamin. Tua muda, pria wanita,anak-anak dan dewasa semua menyukai bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Bagi anak-anak, tempe berperan untuk mengoptimalkan pertumbuhan atau menjaga fungsi organ tubuh pada orang dewasa.

Tempe Sehat Untuk Jantung 


Tempe yang kaya akan protein kedelai memang beberapa tahun terakhir menjadi ikon baru dalam menjaga kesehatan jantung. Lewat penelitian yang dipantau oleh Perpustakaan Kesehatan juga menyatakan bahwa kandungan protein di dalamnya dapat menurunkan kolesterol jahat dengan prosentasi sebesar 30-45 persen. Memang tidak dipungkiri jika kolesterol jahat merupakan faktor penyebab tersumbatnya pembuluh darah yang memicu serangan jantung dan stroke.

Tempe Dapat Mengendalikan Gula Darah 


Selain tempe adalah makanan yang menyehatkan jantung, tempe juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan gizi di dalamnya mampu mencegah naiknya kadar gula dalam darah. Penderita diabetes biasanya lebih besar memiliki resiko aterosklerosis yang erat kaitannya dengan penyakit jantung sehingga kadar kolesterol darah tetap terjaga.

Tempe Dapat Mencegah Kanker 


Selain kedua fungsi di atas, kandungan gizi dalam tempe juga dapat memperbaiki kinerja saluran cerna dan mengikat racun dan kolesterol pemicu kanker dan membuangnya dari tubuh. Kandungan serat yang dapat membuang racun itu diketahui dapat mencegah kanker prostat, payudaran, serta penuaan dini karena kandungan genestein dan phytoestrogen yang ada di dalamnya.

 Perpustakaan Kesehatan

0 comments:

Post a Comment